Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Share

    Effect
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Leo Dragon
    Posts : 144
    Location : sweet home
    Job/hobbies : baca buku ^^
    Join date : 09.02.09
    Reputation : 26

    Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by Effect on 19/06/09, 12:17 am

    Halo semuanya, saya cuma mau share pengalaman aja. Kata orang sih segala sesuatu yang berlebihan gak baik, walaupun itu hobi sekalipun. Saya cerita ini sekaligus mencari sahabat masa SMA saya yang hilang entah kemana sampai saat ini. kira-kira juragan sekalian ada yang tahu dia dimana atau pernah menjumpai sosok sahabat saya ini.

    Kejadian ini terjadi sekitar 4 tahun yang lalu, antara tahun 2004-2006. Namanya Yuda. Sahabat saya dari kelas 1 SMA ini orangnya kurus, tinggi, putih dan tentunya baik. Waktu kelas 2 SMA, waktu itu lagi heboh-hebohnya PS 1 dan PS2, saya dan Yuda sama-sama penggila game, tak pelak hampir tiap pulang sekolah bermain game di rental PS dekat sekolah. Akhir tahun 2004, saya iseng-iseng coba maen game online, waktu itu game Ragnarok. Saya akhirnya ketagihan maen ragnarok dan mengajak Yuda untuk main RO bareng.

    Setelah 4 bulan bermain RO, akhirnya saya bosan, tapi si Yuda ini malah makin gila RO. Tiap hari main RO, sampai-sampai sering bolos sekolah. Saya waktu itu sudah peringatkan dia untuk stop bermain RO karna waktu itu kami akan naikan kelas 3. Tapi si Yuda ini tetap saja bermain RO.

    Waktu terima raport kelas 2 semester terakhir, mama saya bertemu dengan ibunya Yuda yang waktu itu dalam keadaan hamil dan ditinggal bapaknya Yuda yang lagi bertugas ke Irian. Ibunya tampak sedih sekaligus marah, kata mama saya. Lalu mama saya bertanya kepada si ibunya Yuda sebab mimik mukanya yang sedih dan marah itu. Ternyata si duit SPPnya Yuda dari bulan Desember sampe Juni belum dibayarkan si Yuda, padahal ibunya sudah memberi rutin duit SPP itu setiap bulan. hammer Akhirnya ibunya Yuda harus membayar tunggakan 6 bulan SPP itu sebelum akhirnya si ibu bisa mengambil raport anaknya.

    Mama saya lalu bercerita kepada saya. Tentu waktu itu saya marah, akhirnya saya ngmg ke dia untuk berhenti RO. Tapi dasarnya tuh anak keras kepala, dia tetap saja pergi maen RO (tak tahu dapat duitnya dari mana). Semua teman saya menjauhi si Yuda, karna waktu itu terbukti si Yuda mencuri uang orang tuanya. Saya pun setelah capek menasehatinya akhirnya saya agak jaga jarak sama dia.

    Waktu pun berlalu dan si Yuda makin keranjingan RO. Bolos sekolah trus untuk maen RO. Sampai-sampai ibunya stress dan nangis2 sama saya secara anaknya yang dulu baik menjadi bejat, suka mencuri, suka bolos, nilai sekolah ancur dan suka membentak orang tuanya. Ditambah bapaknya si Yuda yang tak kunjung pulang. Pada waktu itu saya hanya bisa berdoa untuk Yuda untuk kembali ke jalan yang benar dan stop bermain RO, serta berdoa untuk ibunya agar tetap tabah.

    Akhirnya kami lulus SMA pada Juni 2006. Alhamdulillah waktu itu Yuda lulus, tapi dengan nilai yang pas-pasan. Waktu lulusan itu saya tanya ke dia, mau lanjutin dimana. Kata dia ntar aja dipikirin, lagi seru nih sama RO.

    Dari terakhir kita bertemu pada waktu lulusan sampe bulan Juli 2006 itu saya tak ada kabar dari Yuda. Saya mencoba telfon kerumahnya, kata ibunya anaknya itu sudah seminggu gak balik kerumah gara-gara dihajar bapaknya karna ketahuan mencuri, nakal, ngelunjak dan nglawan orang tua. Ibunya berkata sama saya waktu itu, bapaknya sudah gak nganggap Yuda lagi sebagai anaknya. sad Dan bapaknya melarang ibunya untuk mencari anaknya itu. Saya waktu itu mencari dia kemana-mana sampai saya tanya teman-teman saya juga waktu itu tidak ketemu. Sampai saya cari ditempat biasanya dia maen game online pun, tetap saya tidak menemukan si Yuda.

    Saya waktu itu sungguh sedih, karna sayalah dia jadi seperti itu karna saya yang memperkenalkan RO pada dia, sampai dia seperti ini sad Tapi apa mau dikata nasi sudah jadi bubur. saya hanya bisa berdoa agar dia baik-baik saja dan tetap dilindungi oleh Allah SWT.

    Bulan September awal saya pergi meninggalkan Indonesia untuk kuliah di Singapura. Bulan Oktober, waktu saya telfon rumah saya yang di Indonesia, pembantu saya ngomong kalau dia bertemu dengan Yuda di pinggir jalan dengan pakaian lusuh dan tertawa sendiri seperti orang gila. Waktu itu saya masih belum percaya, saya pikir pembantu saya salah lihat. Ternyata benar, teman-teman saya yang lain pun mengabarkan kalau mereka liat Yuda yang sekarang sudah jadi gelandangan dan agak gila (karna sering ketawa-ketawa sendiri) di pinggir jalan di kota kami.

    Miris hatiku, sahabatku jadi orang gila, gelandangan dan tak tahu dimana rimbanya sekarang sad INI SEMUA GARA-GARA AKU. Sampai sekarang perasaan ini selalu menghantui saya. Perasaan bersalah itu. Andai ada mesin waktu mungkin aku tak akan mengenalkan RO kepada sahabatku ini, dan mungkin dia sekarang sedang kuliah di salah satu Universitas. Maafkan aku sahabatku, semoga engkau selalu bahagia dimanapun kau berada.


    Semoga cerita ini bisa jadi pembelajaran bagi kita bersama. Maaf terlalu panjang, dan maaf ga bisa masukin fotonya dia. Saya ada fotonya dia, tapi dirumah saya di Indonesia (waktu itu belum ada kamera digital, jadinya masih kamera yang rol2an, dan sekarang saya lagi di Australia).

    Pesan TS : Jangan melakukan sesuatu hal dengan berlebihan, karna segala sesuatu yang berlebihan akan tidak baik pada akhirnya. Smile

    serem.... grin

    emotion9
    Administrator
    Administrator

    Male
    Cancer Snake
    Posts : 819
    Location : in u'r database memories...
    Job/hobbies : Admin forum
    Join date : 07.02.09
    Reputation : 61

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by emotion9 on 19/06/09, 11:32 am

    wah turut berduka nih...bisa sampe separah itu yah...

    emang game OL nih smakin lama smakin merajalela..harus kuat iman biar kita ga ketagihan... shutup

    Grudiev
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Capricorn Dragon
    Posts : 268
    Location : nowhere
    Job/hobbies : tidur
    Join date : 16.03.09
    Reputation : 47

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by Grudiev on 19/06/09, 08:58 pm

    hmmm saya pribadi meragukan kebenaran cerita ini...

    btw menurut saya kesalahan bukan terletak digamenya tetapi terletak pada orangnya

    kuya
    Moderator
    Moderator

    Male
    Posts : 596
    Location : tempat g bermimpi..
    Job/hobbies : DreamSoft.co.Ltd
    Join date : 08.02.09
    Reputation : 45

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by kuya on 19/06/09, 11:52 pm

    betul itu kata bro Grudiev..
    tergantunk ma orangna..
    gamena mah jgn dslahkan..
    game hanya tuk menghibur dari titik jenuh..







    * Lebih Cepad Lebih Bae, Sesuai Hati Nurani *

    CS
    Moderator
    Moderator

    Female
    Leo Snake
    Posts : 532
    Location : Jakarta
    Job/hobbies : reading, sleeping
    Join date : 04.03.09
    Reputation : 75

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by CS on 20/06/09, 02:46 am

    hmm, iya emng bener ini tergantung pribadi masing2..
    dan tmn nya effect ud mencintai game ini dgn cara yg salah...
    wajar klo effect mrasa bersalah atas smua ini..
    tp jgn terlalu menyalahkan diri jg, krn ini jg bukan sepenuh nya salah lo...
    yg memilih utk sperti ini adalah yuda sendiri (wlopun lo yg memperkenalkan dia sm game ini, tp kn niat lo gk buruk), dan lo jg ud berusaha meluruskan dia kemabali kan, wlopun akhirnya gagal...

    pertama memang lo yg ngajak dia, tp yg memilih utk kyk gini kn dia sndiri...
    lo ud melakukan apa yg bisa dilakukan oleh seorang tmn...
    yaah, klo misalnya lo bs ktemu dgn dia lg, dan bisa membawa kembali sahabat lo ini ke arah yg bener, itu akan lbh baik lg...
    tp klo gk bisa ya lo cm bisa berdoa aja, jgn smpe hidup yuda bener2 berakhir kyk gini...
    really sorry to hear about what happened to him...

    dan bener kt effect, sgala sesuatu itu emng gk baik klo berlebihan...
    termasuk utk kasus sperti ini...
    byk kok anak2 yg maen game smpe kyk gini...
    smpe mencuri, ada yg smpe gk tidur berhari, dll...
    emng keasikan teknologi itu sesuatu yg menggiurkan, sekali kita gk bisa mengontrol diri, yah kita bisa terjebak disitu...
    bukan narkoba doang yg bisa kyk gt... games jg bisa...
    dan byk hal laen yg jg bisa bikin kt kearah yg gk baik, klo dilakukan secara berlebihan...
    so, ambillah cerita ini sbg bahan pelajara, jgn smpe kita ato org disekitar kira mengalami hal yg sm kyk diatas....

    thank u for sharing effect...
    hope the best for ur friend, Yuda....

    Grudiev
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Capricorn Dragon
    Posts : 268
    Location : nowhere
    Job/hobbies : tidur
    Join date : 16.03.09
    Reputation : 47

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by Grudiev on 20/06/09, 06:40 pm

    peran orang tua itu sangat penting

    mungkin saja si yuda ini kurang mendapat perhatian dari orang tuanya karena orang tua si yuda ini terlalu banyak kerja sehingga lupa bahwa berkumpul bersama keluarga itu penting

    nah bagi orang tua harusnya bisa memberikan perhatian pada saat umur anaknya segitu

    perhatian itu bukan hanya sekedar materi

    kuya
    Moderator
    Moderator

    Male
    Posts : 596
    Location : tempat g bermimpi..
    Job/hobbies : DreamSoft.co.Ltd
    Join date : 08.02.09
    Reputation : 45

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by kuya on 20/06/09, 11:00 pm

    CS wrote:hmm, iya emng bener ini tergantung pribadi masing2..
    dan tmn nya effect ud mencintai game ini dgn cara yg salah...
    wajar klo effect mrasa bersalah atas smua ini..
    tp jgn terlalu menyalahkan diri jg, krn ini jg bukan sepenuh nya salah lo...
    yg memilih utk sperti ini adalah yuda sendiri (wlopun lo yg memperkenalkan dia sm game ini, tp kn niat lo gk buruk), dan lo jg ud berusaha meluruskan dia kemabali kan, wlopun akhirnya gagal...

    pertama memang lo yg ngajak dia, tp yg memilih utk kyk gini kn dia sndiri...
    lo ud melakukan apa yg bisa dilakukan oleh seorang tmn...
    yaah, klo misalnya lo bs ktemu dgn dia lg, dan bisa membawa kembali sahabat lo ini ke arah yg bener, itu akan lbh baik lg...
    tp klo gk bisa ya lo cm bisa berdoa aja, jgn smpe hidup yuda bener2 berakhir kyk gini...
    really sorry to hear about what happened to him...

    dan bener kt effect, sgala sesuatu itu emng gk baik klo berlebihan...
    termasuk utk kasus sperti ini...
    byk kok anak2 yg maen game smpe kyk gini...
    smpe mencuri, ada yg smpe gk tidur berhari, dll...
    emng keasikan teknologi itu sesuatu yg menggiurkan, sekali kita gk bisa mengontrol diri, yah kita bisa terjebak disitu...
    bukan narkoba doang yg bisa kyk gt... games jg bisa...
    dan byk hal laen yg jg bisa bikin kt kearah yg gk baik, klo dilakukan secara berlebihan...
    so, ambillah cerita ini sbg bahan pelajara, jgn smpe kita ato org disekitar kira mengalami hal yg sm kyk diatas....

    thank u for sharing effect...
    hope the best for ur friend, Yuda....


    betul itu kata Mod CS..
    tergantunk dari pribadina masink2..
    biar kata temen sekalipun yg mengatakanna tapi dari dalam dirina gk da niad untuk menghentikan y percuma saja..


    Grudiev wrote:peran orang tua itu sangat penting

    mungkin saja si yuda ini kurang mendapat perhatian dari orang tuanya karena orang tua si yuda ini terlalu banyak kerja sehingga lupa bahwa berkumpul bersama keluarga itu penting

    nah bagi orang tua harusnya bisa memberikan perhatian pada saat umur anaknya segitu

    perhatian itu bukan hanya sekedar materi


    nah yg atu ini g juga setuju..
    peran dari orank tua juga yang memegank dalam pembentukan karakter seorank anak..




    Nb : Bro effect menurud g kyna postinganna g pindahin ke topic Heart to Heart aj y..
    thax..






    * Jangan ucapkan kata tidak sebelum Anda mencobanya *

    emotion9
    Administrator
    Administrator

    Male
    Cancer Snake
    Posts : 819
    Location : in u'r database memories...
    Job/hobbies : Admin forum
    Join date : 07.02.09
    Reputation : 61

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by emotion9 on 21/06/09, 01:14 am

    materi memang kita perlukan...
    tapi perhatian juga sangat penting

    tapi ga smua hal bisa dibeli dengan materi...
    jadi jangan bilang kedua hal itu ga dperlukan...

    intinya harus seimbang biar kita juga sehat jasmani dan rohani Smile

    kuya
    Moderator
    Moderator

    Male
    Posts : 596
    Location : tempat g bermimpi..
    Job/hobbies : DreamSoft.co.Ltd
    Join date : 08.02.09
    Reputation : 45

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by kuya on 21/06/09, 10:26 pm

    benar sekali tuch min..
    gk da yang bs membeli perhatian dengan uank..
    biarpun uank kita sebanyak apapun tapi kita tidak memiliki kasih sayank dari seseorank yg kita kita sayang ato kita cintai gk ada artina hidup ini..













    * Jangan ucapkan kata tidak sebelum Anda mencobanya *

    Sponsored content

    Re: Gara2 game online...jadi stress dan autis

    Post by Sponsored content Today at 04:49 pm


      Waktu sekarang 08/12/16, 04:49 pm