Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Share

    Grudiev
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Capricorn Dragon
    Posts : 268
    Location : nowhere
    Job/hobbies : tidur
    Join date : 16.03.09
    Reputation : 47

    Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by Grudiev on 29/04/09, 09:57 pm


    Flu babi sedang melanda negara Meksiko dan mulai menyebar cepat ke beberapa negara. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin pencegahan flu babi. Pemerintah Amerika juga melarang warganya untuk pergi ke Meksiko.

    Di benua Eropa, Spanyol menjadi negara yang menkonfirmasikan bahwa seorang pria telah terjangkit flu babi. Di Selandia, seorang guru dan belasan muridnya sudah dikonfirmasikan sedang dalam perawatan karena terkena flu babi ringan.

    Beberapa negara sudah melakukan monitoring, seperti pemasangan kamera di bandara dan pelabuhan termasuk teknologi kamera dengan sensor panas. WHO sendiri telah membuka kantor selama 24 jam penuh.

    Flu babi juga berdampak pada pasar keuangan, khususnya pasar saham. Sementara harga saham perusahaan farmasi naik , sedangkan perusahaan yang terhubung dengan perjalanan seperti saham airlines malah menurun.

    Tidak saham saja yang terkena dampak, harga minyak dunia juga langsung turun 4% menjadi $50 perbarel pada hari Senin kemarin. Negara Rusia mengambil langkah aman, dan mengumumkan untuk melarang seluruh impor daging dari Meksiko, Texas, California dan Kansas. Cina sebagai pengkonsumsi daging babi terbesar didunia, juga melarang impor babi dari negara Meksiko dan Amerika.

    Dari Meksiko sendiri, penduduk dikota Mexico City harus menghabiskan waktunya di rumah, dan memakai masker bedah yang diberikan oleh tentara. Tercatat sudah 103 orang meninggal, sementara mayoritas yang terkena flu babi sudah pulih. (CNBC)

    kopas dari: ketok.com

    emotion9
    Administrator
    Administrator

    Male
    Cancer Snake
    Posts : 819
    Location : in u'r database memories...
    Job/hobbies : Admin forum
    Join date : 07.02.09
    Reputation : 61

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by emotion9 on 30/04/09, 08:13 am

    iya nih baru aja mo posting soal ini uda keduluan sama om grudiev grin

    Tapi katanya dulu flu babi ini udah ada tapi namanya bintik-bintik babi coz abis makan dagingnya bisa kena bintik2 di badan...
    Trus WHO uda naikin status flu babi ini jadi status siaga lho

    serem banget jaman skarang nih ngacir

    LS
    Brigadier
    Brigadier

    Female
    Aries Snake
    Posts : 177
    Location : Australia
    Job/hobbies : reading book and listening to music
    Join date : 05.03.09
    Reputation : 17

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by LS on 30/04/09, 08:58 pm

    ehm, flu babi u kayak gimana sih?? baru denger nie.. hehehe.. soalnya jarang nonton ato baca berita.. parah mana, flu babi pa flu burung?

    emotion9
    Administrator
    Administrator

    Male
    Cancer Snake
    Posts : 819
    Location : in u'r database memories...
    Job/hobbies : Admin forum
    Join date : 07.02.09
    Reputation : 61

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by emotion9 on 30/04/09, 09:09 pm

    LS wrote:ehm, flu babi u kayak gimana sih?? baru denger nie.. hehehe.. soalnya jarang nonton ato baca berita.. parah mana, flu babi pa flu burung?

    flu burung tetep no 1 deadly disease...
    flu babi bertahan di peringkat ke 2...

    tapi denger2 flu babi ini adanya di luar negeri doank yaitu di meksiko,
    sedangkan di indonesia itu belom ada kasusnya...
    tapi katanya jenis berbeda2 di setiap negara hammer
    takutny virusnya bermutasi aja jadinya bisa berevolousi jadi virus baru shutup

    Effect
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Leo Dragon
    Posts : 144
    Location : sweet home
    Job/hobbies : baca buku ^^
    Join date : 09.02.09
    Reputation : 26

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by Effect on 01/05/09, 05:20 pm

    emang jaman sekarang makin banyak penyakit aneh2 yang mematikan
    Oh My God

    LS
    Brigadier
    Brigadier

    Female
    Aries Snake
    Posts : 177
    Location : Australia
    Job/hobbies : reading book and listening to music
    Join date : 05.03.09
    Reputation : 17

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by LS on 01/05/09, 06:23 pm

    jadi ne virusnya kayak flu burung, masih belum da obatnya ya..
    mesti jaga2 nie, soalnya mayoritas kita pengkonsumsi daging babi... so karena sekarang lagi musimnya flu babi, mesti kurangi makan daging babi... ato mesti dimasak sampe matang banget, gak boleh main bbq lagi.. deal


    Terakhir diubah oleh LS tanggal 02/05/09, 09:21 pm, total 1 kali diubah

    kuya
    Moderator
    Moderator

    Male
    Posts : 596
    Location : tempat g bermimpi..
    Job/hobbies : DreamSoft.co.Ltd
    Join date : 08.02.09
    Reputation : 45

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by kuya on 02/05/09, 05:20 pm

    gmna klu dengarkan inpo flu babi..
    silahkan disimak..
    look at the pidio..


    The Killer Swine Flu: Origins & Prevention!!!







    Salam SUPER.

    Grudiev
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Capricorn Dragon
    Posts : 268
    Location : nowhere
    Job/hobbies : tidur
    Join date : 16.03.09
    Reputation : 47

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by Grudiev on 02/05/09, 09:00 pm

    tambahan

    Beda flu babi dengan flu burung

    JAKARTA - Merebaknya berbagai macam flu membahayakan saat ini meresahkan masyarakat dunia. Bagaimana tidak, orang yang terkena dampaknya memiliki risiko kematian jika tidak segera ditanggulangi.



    Saat ini penyakit flu yang paling menjadi momok flu burung dan flu babi. Apa dan bagaimana penyebab flu tersebut saat ini tengah menjadi perbincangan di kalangan ilmuwan dan juga ahli kesehatan.

    Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2009), kedua penyakit tersebut sama-sama disebabkan oleh penyebaran virus influenza tipe A. Flu burung disebabkan oleh virus H5N1 sementara penyebab flu babi adalah virus H1N1.

    Sesuai dengan namanya, H5N1 yang menjadi penyebab flu burung penularan pertama terjadi ketika seseorang kontak dengan hewan aves atau burung yang telah terkena virus tersebut. Sementara flu babi sebagian besar ditularkan oleh hewan babi.

    Kedua virus influenza tipe A ini juga sama-sama bisa menyebar dari manusia ke manusia. Bedanya, H1N1 memiliki tingkat kecepatan penyebaran lebih tinggi. Bahkan menurut hasil penelitian terbaru, hanya dengan sekali bersin saja sekira 100.000 virus H1N1 bisa menempel di mana saja dan berpotensi menyebarkan penyakit kepada orang yang menyentuh benda-benda yang terkena bersin.

    Namun begitu, virus H5N1 lebih ganas daripada H1N1. Hal itu dikarenakan tingkat persentase kematian yang disebabkan H5N1 lebih tinggi, sekira 80 persen. Sementara H1N1 menyebabkan kematian hanya sekira enam persen.

    Berbeda dengan H5N1 yang tumbuh subur di daerah tropis, tidak demikian halnya dengan H1N1. Namun negara manapun patut waspada mengahadapi penyebaran virus H1N1. Karena nyatanya virus tersebut kini tengah merebak di Meksico yang merupakan negara beriklim tropis. (srn)

    tambahan lagi

    Enam Fakta Seputar Flu Babi
    WASHINGTON - Kian gencarnya arus informasi yang memberitakan flu babi menimbulkan keingintahuan besar dari masyarakat untuk mengetahui segala hal berkenaan dengan penyakit mematikan ini. Mau tahu?

    Berikut adalah enam pernyataan ilmiah mengenai flu babi yang dikutip melalui McClatchy, Jumat (1/5/2009).

    1. Penjelasan mengenai virus H1N1
    H1N1 merupakan virus penyebar flu babi. H merupakan inisial dari hemagglutin sedangkan N adalah neuramidinase, keduanya merupakan protein gula yang hidup di permukaan virus dan menyebarkan penyakit flu. Terdapat 16 jenis protein H yang dinamakan H1 hingga H16 dan sembilan jenis N protein bernama N1 hingga N9. Semua protein ini memiliki 144 kemungkinan berkombinasi menjadi virus baru. Sebagai contoh, virus flu burung yang juga sedang marak merupakan kombinasi dari H5N1.

    2. Keistimewaan virus penyebab flu babi
    Virus ini merupakan kombinasi gen virus burung, babi dan manusia, yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga manusia tidak memiliki kekebalan terhadap virus ini.

    3. Bagaimana protein H bekerja
    Protein H terlihat seperti paku kecil yang menancap pada lubang di luar sel manusia atau hewan bernama reseptor. Kemudian, virus akan bisa masuk melalui lubang reseptor. Sekali masuk, virus akan menginfeksi DNA dalam inti sel dan memanfaatkannya untuk berkembang biak memperbanyak diri.

    4. Yang dilakukan oleh protein N
    Setelah menginfeksi, protein N akan membuka jalur terusan pada dinding sel dan melepaskan anak-anak virus yang baru yang kemudian menyerang sel lain. Tanpa protein N, infeksi virus akan terbatas hanya pada sel pertama.

    5. Cara virus baru berkembang
    Ketika gen yang memerintah protein H dan N berkembang, terjadi perubahan acak atau yang disebut dengan mutasi yang bisa terjadi di dalam DNA. Perubahan tersebut berakumulasi secara bertahap memproduksi virus yang lebih berbahaya atau menetrasi sel tager dengan lebih mudah.

    6. Bagaimana H1N1 berpindah dari hewan ke manusia
    Biasanya protein H pada virus burung dan babi tidak menancap pada reseptor dengan mudah. Jadi manusia yang terbebas dari virus ini tidak mungkin terinfeksi. Bagaimanapun, perubahan bisa terjadi di dalam gen yang mengatur bentuk protein H dan memungkinkan virus masuk melewati dinding sel. Hal ini mengakibatkan anak virus H1N1 dapat beradaptasi dengan tubuh manusia. Jika sudah begitu, virus pun dapat menular dari manusia ke manusia seperti yang terjadi sekarang. (srn)

    Sponsored content

    Re: Flu Babi Memperparah Krisis Global

    Post by Sponsored content Today at 12:47 pm


      Waktu sekarang 06/12/16, 12:47 pm