FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Share

    LS
    Brigadier
    Brigadier

    Female
    Aries Snake
    Posts : 177
    Location : Australia
    Job/hobbies : reading book and listening to music
    Join date : 05.03.09
    Reputation : 17

    FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by LS on 08/04/09, 07:26 pm

    Tahun 2009 ini akan kita mendapati tiga hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13, yaitu 13 Februari, 13 Maret dan 13 November dan biasanya masih ada mitos-mitos mengerikan tentang Friday the 13th ini.

    Menurut seorang ahli matematika Thomas Fernsler peristiwa tiga kali Jumat dalam 1 tahun hanya terjadi dalam 11 tahun sekali. Fernsler merupakan seorang pakar matematika dari Universitas Delaware yang sudah mendalami mengenai angka 13 selama 20 tahun. Selama 20 tahun dalam penelitiannya, Fernsler menemukan banyak fakta yang berhubungan dengan angka 13 ini.

    Sebuah kapal Inggris yang diberi nama Friday the 13th, berlayar pada hari Jumat tanggal 13 dan kemudian kapal ini tidak diketemukan lagi kabar beritanya. Begitu juga dengan roket Apollo 13 yang diluncurkan pada tanggal 11 April 1970 pada jam 13.13. Walaupun peluncuran bukan dilakukan tanggal 13 , tapi jumlah tanggal yang diluncurkan adalah 13 (1+1+4+7+0). Apa yang terjadi? Roket Apollo 13 meledak di angkasa pada tanggal 13 April tapi untung semua awak roket semuanya selamat dan berhasil kembali ke bumi. Karena begitu mistisnya angka 13, sampai-sampai kebanyakan rumah sakit tidak memiliki kamar no 13 dan gedung-gedung tinggi tidak memiliki lantai 13 pada bangunannya.

    Selain angka 13 sering dihubungkan dengan kesialan, angka 13 juga suka dihubungkan dengan kejahatan, contohnya Butch Cassidy, perampok kereta dan bank terkenal di AS, lahir pada Jumat, 13 April 1866. Dan pemimpin bengis Cuba, Fidel Castro juga lahir pada Jumat, 13 Agustus 1926.

    Angka 13 juga membawa dampak yang cukup serius, sampai-sampai ada orang yang sangat ketakutan jika ada hari Jumat tanggal 13 dan orang seperti ini dalam keilmuwanan diberi nama friggatriskaidekaphobia. Dan mereka yang takut dengan angka 13 dikenal dengan nama triskaidekaphobia.

    Mitos angka 13 ini juga pernah dialami oleh salah seorang Predien AS yang bernama Franklin D Roosevelt, sampai-sampai karena ketakutannya Presiden franklin tidak pernah mau melakukan perjalanan pada tanggal 13 setiap bulannya dan juga tidak mau menjamu tamu berjumlah 13 orang. Selain Presiden Franklin, tokoh terkenal lainnya, Napoleon dan Herbert Hoover juga menderita trikaidekaphobia dan memiliki perilaku tidak normal terhadap angka 13.

    Tapi lain halnya dengan Woodrow Wilson, ia malah menganggap angka 13 sebagai keberuntungan, tapi kenyataannya malah kebalikannya. Saat ia tiba di Normandy, Perancis pada 13 Desember 1918 untuk pembicaraan damai, ternyata perjanjian itu gagal karena ternyata Kongres tidak setuju.

    Sebenarnya darimanakah asal mitos angka 13 tersebut sih? Sampai saat ini belum ada satu ilmuwanpun yang menyebutkan awal kemunculan ini. Kepercayaan yang berhubungan dengan angka yang dikenal dengan nama numerologi pada awalnya merupakan cabang ilmu yang disegani tapi dengan berjalannya jaman yang semakin modern, numerologi adalah separuh ilmu yang kebenarannya diragukan, semacam ramalan astrologi.

    “Orang secara sadar percaya pada nomor tertentu, karena mereka tahu mereka butuh pengalaman baru serta atribut yang diasosiasikan dengan mereka,” kata ahli numerologi, Sonia Ducie.

    “Numerologi bisa diterima akal dan berhubungan dengan kehidupan seseorang menyangkut kesehatan, karir dan jodoh,” tegasnya. Tapi ahli matematikan menolak numerologi dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. “ Saya tidak mendukung sama sekali,” kata Livio. Dia mengatakan kejadiaan tak sengaja seperti itu akan terus berlangsung dan tidak ada makna khususnya sama sekali.

    Bagaimana dengan anda sendiri? Percayakah bahwa angka 13 yang jatuh pada hari Jumat membawa suatu keburukan atau kesialan? Rasanya nggak dech yach….. Biasanya kalo kita percaya mitos ini, yah akhirnya malah terjadi deh. (berbagai sumber)


    Indomedia

    CS
    Moderator
    Moderator

    Female
    Leo Snake
    Posts : 532
    Location : Jakarta
    Job/hobbies : reading, sleeping
    Join date : 04.03.09
    Reputation : 75

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by CS on 09/04/09, 03:07 am

    hmm, gmn ya...
    g sendiri punya hubungan cukup erat dgn angka 13 c...
    tgl lahir g utk kalender imlek adalah 13 dibulan 7 (yg katanya adalaha bulan setan dalam kepercayaan org cina...)
    dan tgl lahir g utk nasional adalah 14 bulan 8 ( 1+4+8 = 13)..
    tadinya g jg gk mikir soal 1+4+8 = 13, cuma kebetulan ada film horor yg judulnya 1408, yg ternyata muncul krn 1+4+0+8 = 13...akhirnya g br ngeh, klo tgl lahir nasional g jatohnya kena di angka 13 jg...nohope

    nah, klo mitos itu bener, brrti harusnya g ud cukup sial dong...
    tp kyknya kehidupan g gk sial2 amat jg... hehe...
    dan g jg gk mau percaya c, klo itu bkl bikin g jadi sial, amit2 d...

    LS
    Brigadier
    Brigadier

    Female
    Aries Snake
    Posts : 177
    Location : Australia
    Job/hobbies : reading book and listening to music
    Join date : 05.03.09
    Reputation : 17

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by LS on 09/04/09, 04:55 pm

    hahaha... kayaknya angka 13 gak mempan ma u deh CS..
    tau ga, untung g lahirnya bukan friday the 13th lo...
    ampirrr aja...
    soalnya g lahir hari jumat juga, tapi tgl 14. na..na..

    kuya
    Moderator
    Moderator

    Male
    Posts : 596
    Location : tempat g bermimpi..
    Job/hobbies : DreamSoft.co.Ltd
    Join date : 08.02.09
    Reputation : 45

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by kuya on 10/04/09, 08:39 pm

    CS wrote:hmm, gmn ya...
    g sendiri punya hubungan cukup erat dgn angka 13 c...
    tgl lahir g utk kalender imlek adalah 13 dibulan 7 (yg katanya adalaha bulan setan dalam kepercayaan org cina...)
    dan tgl lahir g utk nasional adalah 14 bulan 8 ( 1+4+8 = 13)..
    tadinya g jg gk mikir soal 1+4+8 = 13, cuma kebetulan ada film horor yg judulnya 1408, yg ternyata muncul krn 1+4+0+8 = 13...akhirnya g br ngeh, klo tgl lahir nasional g jatohnya kena di angka 13 jg...nohope

    nah, klo mitos itu bener, brrti harusnya g ud cukup sial dong...
    tp kyknya kehidupan g gk sial2 amat jg... hehe...
    dan g jg gk mau percaya c, klo itu bkl bikin g jadi sial, amit2 d...

    menurud g y sis, klu angka 13 itu memank ud menjadi momok mua org sebagai angka sial..
    tetapi itu hanyalah mitos yg membuad smua org menjadi takud akan angka 13..
    tetapi tenang aja hidup ini sudah di atur oleh Tuhan kita..
    DIA pasti memberikan kita jalan yang terbaik buad hidup kita..



    Sekian.

    LS
    Brigadier
    Brigadier

    Female
    Aries Snake
    Posts : 177
    Location : Australia
    Job/hobbies : reading book and listening to music
    Join date : 05.03.09
    Reputation : 17

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by LS on 11/04/09, 08:02 pm

    hmm, tapi baca dari banyak fakta yang ada, dibilang gak percaya juga mesti percaya ya...
    tapi tergantung setiap orang sihh...
    tapi fakta2 yang ada yang berkaitan dengan angka 13 cukup menarik lho... Smile

    CS
    Moderator
    Moderator

    Female
    Leo Snake
    Posts : 532
    Location : Jakarta
    Job/hobbies : reading, sleeping
    Join date : 04.03.09
    Reputation : 75

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by CS on 12/04/09, 12:27 am

    @ kuya : iya, g stuju, menurut g hal2 yg dianggap sial bisa terjadi klo kt percaya...klo kt percaya angka 13 itu membawa sial, maka smua kejadian buruk kita akan kita kaitkan dgn angka 13 itu, wlopun cm kebetulan doang...

    @ LS : menurut g fakta2 itu adalah kejadian yg kebetulan terjadi pada angka 13, kejadian2 itu diinget, krn kebetulan brhubungan ma angka 13... pdahal angka 0-9, klo kt mau cari hubungan nya, psti bisa kt cari jg kok, fakta2 yg unik ttg smua angka itu...cm ya tergantung kepercayaan masing2 jg... (*ngeles mode: on* berusaha meyakinkan smua org klo angka 13 gk berbahaya, krn g sndiri brhub ma anga 13) wkwkwkwk....

    Effect
    Brigadier
    Brigadier

    Male
    Leo Dragon
    Posts : 144
    Location : sweet home
    Job/hobbies : baca buku ^^
    Join date : 09.02.09
    Reputation : 26

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by Effect on 12/04/09, 09:09 am

    kok masih percaya yang beginian yah...

    cuma kbetulan aja kali,klo gitu klo thread ini yg post ke 13 sial donk ???
    hammer

    Sponsored content

    Re: FRIDAY The 13th, Serem Nggak Sih?

    Post by Sponsored content Today at 08:49 pm


      Waktu sekarang 11/12/16, 08:49 pm